Loading...
BeritaPemilu & DemokrasiStatistik

DPT Aceh Berkurang 7.058 Orang

BANDA ACEH – Daftar Pemilih Tetap ( DPT) Pemilu 2014 untuk Provinsi Aceh, kembali berkurang sebanyak 7.058 jiwa. DPT hasil perbaikan terbaru yang ditetapkan dalam rapat koordinasi penyempurnaan DPT dan penyerahan berita acara perbaikan DPT Pemilu 2014 di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Senin (20/1), berjumlah sebanyak 3.315.094 jiwa. Sedangkan DPT sebelumnya yang ditetapkan pada tanggal 2 Desember 2013, berjumlah 3.322.152 jiwa.

Ketua Pokja Pemutakhiran Data Pemilih Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Fauziah, kepada Serambi, mengatakan berkurangnya jumlah DPT Aceh tersebut adalah hasil dari perbaikan DPT yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di lapangan atas rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

“Dalam perbaikan yang dilakukan PPS di lapangan, ada sejumlah pemilih yang dicoret karena tidak memenuhi syarat,” ujarnya.
“Ketika dilakukan perbaikan, di DPT masih ditemukan pemilih ganda, meninggal dunia, belum cukup umur, pindah domisili, anggota TNI/Polri, dan pemilih yang tidak dikenal/fiktif. Semua pemilih tersebut dicoret dari DPT,” paparnya.

Pemilih tersebut, kata dia, tersebar di 23 kabupaten/kota di Aceh, dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10.839 TPS. Pemilih terbanyak tercatat di Aceh Utara sebanyak 388.668 jiwa, sedangkan jumlah pemilih terkecil ada di Sabang yaitu 22.886 jiwa.

Dari 7.058 pemilih yang dicoret, kata Fauziah, 4.660 di antaranya adalah pemilih ganda. “Pemilih ganda yang paling banyak dicoret dari DPT. Pemilih ganda ini ditemukan di semua lintas yaitu antarkabupaten, antarkecamatan, antardesa, dan juga antar TPS,” katanya.
“ DPT perbaikan ini juga akan diumumkan kembali agar masyarakat dapat melihat apakah mereka terdaftar atau tidak. Kalau masih ada masyarakat yang belum terdaftar, maka akan dimasukkan ke DPK atau Daftar Pemilih Khusus. Sedangkan DPT perbaikan ini akan kita serahkan ke KPU RI,” tambahnya.

Ia menambahkan bahwa kini tim PPS juga tengah menyusun DPK yang datanya akan diupload ke sidalih 27 Januari 2014. Bagi masyarakat, lanjut dia, yang belum terdaftar di DPT maka diimbau untuk nmelapor ke PPS setempat. “JAdi nanti mereka tetap bisa memilih dengan kategori sebagai Daftar Pemilih Khusus,” ujarnya.

Rapat koordinasi penyempurnaan DPT dan penyerahan berita acara perbaikan DPT Pemilu 2014 tersebut dihadiri Komisioner KIP Aceh, Pokja Pemutahiran Data Pemilih KIP se-Aceh, partai politik, dan calon anggota DPD.(serambi indonesia)

0Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Hit Counter provided by technology news