Loading...
BeritaBreaking NewsHeadlinePemilu & Demokrasi

Ini 13 Caleg Aceh yang Bakal Mengisi Kursi di Senayan

Rekapitulasi perolehan suara partai politik dan calon anggota DPR RI dalam pemilu 9 April lalu di Provinsi Aceh tuntas. Sebanyak 13 caleg peraih suara terbanyak dipastikan menjadi wakil rakyat Aceh di Senayan, Jakarta untuk periode 2014-2019.

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mengakhiri rapat pleno rekapapitulasi suara DPR RI untuk dua daerah pemilihan (dapil) Aceh, di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Jumat (25/4/2014) malam.

Dapil Aceh satu yang mendapat kuota tujuh kursi di Senayan, terdiri dari Kota Sabang, Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Gayo Lues, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Subulussalam, Aceh Singkil dan Simeulue.

Selanjutnya dapil Aceh dua dengan jatah enam kursi meliputi Kabupaten Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Timur, Langsa dan Aceh Tamiang.

Adapun ke 13 calon DPR RI peraih suara terbanyak ini berasal dari sembilan partai politik, yakni Partai Nasional Demokrat (NasDem), PKB, PKS, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN dan PPP. Tak ada satupun caleg perempuan yang lulus.

Dari hasil rekapitulasi suara itu juga terlihat jelas keterpurukan suara Partai Demokrat yang pada pemilu 2009 mendominasi perolehan suara untuk DPR RI di Aceh sekaligus mendapatkan tujuh kursi di Senayan. Kali ini, Demokrat hanya mampu meloloskan dua calonnya, atau kehilangan lima kursi.

Selain itu, dari 13 legislator yang melenggang ke Jakarta, hanya dua caleg incumbent yang lolos yakni M Nasil Djamil (PKS) dan Teuku Riefky Harsya (Partai Demokrat). Selebihnya adalah wajah baru.

Berikut 13 caleg DPR RI peraih suara terbanyak yang dipastikan mewakili rakyat Aceh di Senayan:

  1. Bachtiar Aly (NasDem)
  2. Zulfan Lindan (NasDem)
  3. Irmawan (PKB)
  4. M Nasir Djamil (PKS)
  5. Tagore Abubakar (PDIP)
  6. Firmandez (Golkar)
  7. M Salim Fakhry (Golkar)
  8. Fadhlullah (Gerindra)
  9. Khaidir (Gerindra)
  10. Muslim (Demokrat)
  11. Teuku Riefky Harsya (Demokrat)
  12. Muslim Ayub (PAN)
  13. Anwar Idris (PPP)

(pemilu.okezone.com)

0Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Hit Counter provided by technology news