Loading...
BeritaBreaking NewsHeadlinePemilu & Demokrasi

Ini 4 Senator Aceh yang Melenggang ke Senayan

Komisi Independen Pemilihan (KIP) menuntaskan rekapitulasi suara calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Aceh. Empat senator terpilih yang akan mewakili provinsi itu di Senayan adalah wajah-wajah baru, dan tak ada satupun incumbent yang lolos.

Keempat calon itu berhasil menyisihkan 36 calon senator lain yang bertarung dalam pemilu 9 April lalu. Calon DPD dengan raihan suara terbanyak adalah politikus muda yang juga Juru Bicara Partai Aceh, Fachrul Razi dengan 345.915 suara.

Di posisi kedua Ghazali Abbas Adan dengan 144.505 suara. Ghazali merupakan mantan anggota DPR dan MPR RI periode 1992-2004 yang vokal menentang orde baru dan agresi militer di Aceh saat konflik.

Peringkat ketiga dan keempat diisi Sudirman dan Rafly yang masing-masing meraup 136.964 dan 134.509 suara. Kedua nama terakhir ini merupakan kalangan seniman.

Sudirman merupakan pelawak yang tersohor dengan nama Haji Uma. Namanya melejit lewat drama komedi Aceh ‘Eumpang Breuh’. Sementara Rafly adalah musisi etnik Aceh yang pernah berkonser di berbagai negara pascatsunami. Namanya sempat terdongkrak saat lagu-lagunya dijadikan pengiring berita-berita tsunami Aceh akhir 2004.

Prosesi rapat pleno rekapitulasi suara DPD dipimpin Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi, berakhir, Jumat (25/4/2014) sekira pukul 22.00 tadi. Jumlah suara sah dari 23 kabupaten/kota tercatat sebanyak 2.239.124 suara.

(pemilu.okezone.com)

0Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Hit Counter provided by technology news