Loading...
HeadlinePemilu & Demokrasi

Koalisi Merah Putih Diprediksi Bubar Setelah Jatah Kekuasaan Habis Dibagi-Bagi

Koalisi Merah Putih (KMP) diprediksi akan bubar setelah jatah kekuasaan habis dibagi-bagi. Partai-partai politik yang tergabung di KMP akan mencari jalan sendiri-sendiri usai mendapatkan posisi di pemerintahan, terutama di DPR dan MPR. Hal tersebut dikatakan oleh Koordinator Forum Pemantau Parlemen Indonesia (Formappi), Sebastian Salang.

“Yang jadi perekat partai politik dalam KMP satu sama lain tidak lain adalah kue kekuasaan. Saya kira memang melihat dinamika yang ada sekarang, sebetulnya alat perekat di KMP itu sudah semakin habis. KMP ini akan segera berubah karena kue politik sudah habis,” ujar Sebastian Salang di Jakarta, Sabtu (11/10/2014).

“Golkar sebagai peraih suara terbanyak kedua mendapatkan Ketua DPR dan Wakil Ketua MPR. Kurang hebat apa dia? Tinggal satu nih, yaitu kelengkapan dewan. Ini yang akan dibagi-bagi. Setelah kue habis dibagi-bagi, apakah ada hal yang membuat koalisi ini bertahan?” imbuhnya.

Sebastian Salang juga mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan, partai-partai politik yang semula menjadi anggota Koalisi Merah Putih akan berbalik mendukung kubu Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) dengan harapan mendapatkan jatah di kabinet mendatang.

“Itu pilihan-pilihan yang bisa saja diambil partai-partai yang ada di KMP dan perubahan itu sangat bergantung pada komunikasi politik yang dibangun oleh kelompok Jokowi-JK terhadap partai-partai ini,” papar Sebastian Salang.

Oleh karena itu, Sebastian Salang mengingatkan kepada Jokowi-JK tetap konsisten untuk tidak melakukan politik transaksional. “Jangan sampai juga Jokowi-JK mengobral kursi kabinet terhadap partai-partai ini untuk mengajak mereka, dan itu tidak baik juga,” sebutnya.

Sumber : Sidomi

0Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Hit Counter provided by technology news