Loading...
HeadlinePenelitian

Studi Tingkat Melek Politik Warga Kota Banda Aceh

Berbagai teori mengatakan bahwa tingkat kesadaran politik warga negara yang baik akan meningkatkan rasionalitas pemilih dalam menentukan pilihan-pilihan politiknya, termasuk memilih untuk tidak memilih karena latar belakang kontestan yang berkompetisi dianggap tidak layak menurut perspektif pemilih tersebut. Fakta ini terlihat di Negara-negara maju, yang notabene kesadaran politik warga negaranya sudah baik namun tingkat partisipasi di pemilu justru tergolong rendah.

Di Negara-negara berkembang termasuk Indonesia, sebenarnya baik secara formal maupun non formal pendidikan kewarganegaraan dan pendidikan politik sudah banyak dilakukan. Namun kualitas pemilu kita masih belum maksimal, terutama dalam hal penentuan pilihan-pilhan dari pemilih. Sebagaimana dikemukakan sebelumnya, salah satu faktor penyebabnya adalah belum semua stake  holder pemilu menyadari arti pentingnya kualitas pemilu terhadap kemajuan kehidupan berbangsa dan bernegara. Padahal kualitas pemilu merupakan indikator yang penting untuk mendapatkan aktor-aktor politik yang baik dan berkualitas, termasuk pemimpin di berbagai tingkatan.

Selain itu perilaku berdemokrasi juga merupakan bagian yang sangat penting dalam mencapai pemilu yang baik dan berkualitas, termasuk dalam hal kesadaran terhadap menerima perbedaan, baik dalam konteks pilihan politik maupun dalam konteks yang lebih luas seperti etnis, agama dan entitas politik lainnya.

Berdasarkan permasalahan di atas perlu dilakukan kajian yang lebih dalam terhadap pengaruh-pengaruh melek politik terhadap kedewasaan perilaku berdemokrasi yang secara lebih jauh berdampak terhadap kualitas demokrasi khususnya di Kota Banda Aceh.

Untuk mengetahui tinggkat melek politik warga Kota Banda Aceh donwload di sini

 

0Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Hit Counter provided by technology news