Loading...
LainnyaPemilu & Demokrasi

Siapa yang Akan Diusung PKS Jadi Capres?

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sampai saat ini belum menetapkan siapa calon presiden atau wakil presiden yang akan diusung dalam Pemilihan Presiden 2014. Hingga kini belum ada pembicaraan serius mengenai siapa yang akan diusung.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal PKS, Mahfudz Siddiq, biasanya yang paling berpeluang sebagai capres dan sesuai dengan mekanisme di adalah mereka yang menjabat di lembaga tinggi partai. Mereka antara lain Presiden partai, Anis Matta; Ketua Majelis Pertimbangan, Untung Wahono; dan Ketua Dewan Syariat, Surahman Hidayat. 

“Tiga orang itu yang paling berpeluang dari unsur pusat (partai),” kata Mahfudz di Gedung DPR, Jumat 8 November 2013.

Selain itu, kata Mahfudz, mereka yang juga berpeluang diusung sebagai capres adalah yang pernah menjabat sebagai kepala daerah. Misalnya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho.

“Barang kali ada capres yang ingin mencalonkan pasangan Jawa-Sunda, Jawa-Sumatra. Tetapi memang ada wacana kuat bahwa di pemilu 2014 salah satu faktor untuk mendongkrat elektabilitas adalah adanya tokoh nasional yang maju sebagai capres atau cawapres,” kata dia.

Mahfudz melanjutkan, bersyukur jika ada dari kader daerah yang bersemangat mengusung Anis Matta dan Ahmad Heryawan sebagai pasangan capres dan cawapres. Sebab, itu berarti kader-kader daerah sudah pulih rasa kepercayaan dirinya setelah digempur persoalan korupsi yang menjerat mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq.

“Jadi siapapun yang akan diusung tidak masalah,” kata dia.

 

VIVA.CO.ID

0Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Hit Counter provided by technology news