Loading...
BeritaHeadline

242 Anggota DPR Bermasalah, Terbanyak PDI-P

LSM Kontras membeberkan adanya dugaan 242 anggota DPR yang baru dilantik terlibat berbagai kasus. Jumlah terbanyak adalah pemenang pemilu legislatif lalu dengan 57 orang, disusul oleh Partai Golkar dan Partai Demokrat.

Perbandingan  jumlah anggota yang terjerat masalah jika dibandingkan dengan keseluruhan anggota DPR yang mencapai 560 orang, terlihat cukup mencolok. 242 anggota DPR ini diduga terlibat entah kasus korupsi, pelanggaran HAM, sampai pelanggaran pemilu. Khusus korupsi saja, ada 160 nama yang diduga terjerat.

Selain itu ada lima nama anggota DPR baru yang pernah menjadi terdakwa dalam berbagai kasus. Mereka adalah Misbakhun dari Golkar, Azam Azman Natawijana dari Demokrat, Krisna Mukti dari PKB, dan Achmad Dimyati Natakusumah dari PPP.

Disampaikan oleh Deputi Bidang Strategi Kontras, Chrisbiantoro, pihaknya akan segera menyerahkan data kepada pihak terkait. Dalam hal ini meliputi presiden terpilih Joko Widodo, kepolisian, hingga KPK.

Seperti dikutip BBC, Chrisbiantoro mengungkapkan, “Kami sudah melakukan validasi data dan data awal ini akan kami serahkan kepada pihak-pihak terkait untuk ditindaklanjuti. Setidaknya data ini sudah kami ungkap. Kami juga yakin KPK juga punya datanya.”

Kontras mengakui pemeriksaan anggota DPR yang diduga terlibat kasus tidak akan mudah. Meskipun demikian LSM tersebut yakin data yang mereka sodorkan akan mendapatkan perhatian serius dari pihak-pihak yang menerima informasi.

Dilansir oleh BBC, ada 57 anggota DPR dari Fraksi PDI-Perjuangan yang diduga bermasalah. Ini dikuti oleh Fraksi Partai Golkar (44 orang) dan Fraksi Demokrat (37 orang). Di samping itu masih ada deretan lain seperti Fraksi Gerindra (24 orang), F-PPP (20 orang), F-PKS (18 orang), F-PAN (16 orang), F-PKB (11 orang), dan 9 sisanya dari Fraksi Nasdem.

Sumber : Sidomi

0Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Hit Counter provided by technology news