Loading...
BeritaBreaking NewsPemilu & DemokrasiPilkada

Penambahan Anggaran Verifikasi Faktual untuk Parpol Capai Rp 66 Miliar

Arief Budiman, komisioner KPU. (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Arief Budiman, komisioner KPU. (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Arief Budiman, komisioner KPU. (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)

jsithopi.org – Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutus uji materi terkait verifikasi faktual berlaku untuk semua partai politik peserta pemilu. Sebelumnya dalam Undang-Undang Nomor 7 tentang Pemilu disebutkan, verifikasi faktual hanya berlaku untuk partai politik baru, tidak untuk partai politik lama atau peserta pemilu 2014 lalu.
Ketua KPU RI Arief Budiman memastikan akan ada penambahan biaya verifikasi faktual terhadap 12 partai politik lama sebesar Rp 66 miliar. Penambahan anggaran tersebut dibutuhkan untuk biaya verifikasi faktual di tingkat kabupaten/kota hingga provinsi.

“Anggaran yang ada tidak mengatur verifikasi faktual (untuk partai politik lama). Padahal putusan MK mewajibkan verifikasi faktual kepada parpol lama, maka KPU membutuhkan anggaran Rp 66 miliar. Detailnya Rp 66.316.620.00 untuk verifikasi 12 parpol,” kata Arief dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi II DPR dan pemerintah di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (15/1).

Arief melanjutkan, biaya untuk verifikasi faktual parpol lama di tingkat kabupaten/kota sebesar Rp. 66.004.460.000. Sedangkan untuk biaya verifikasi faktual parpol lama di tingkat provinsi sebesar Rp. 314.160.000.
“Anggaran sudah dihitung. Kita akan segera tindaklanjuti itu supaya eksekusinya cepat. Karena tidak bisa diundur lagi,” ujarnya.
Arief menjelaskan besaran penambahan anggaran tersebut ditetapkan berdasarkan perhitungan yang matang. Penambahan anggaran verifikasi faktual sebagai alternatif sudah didiskusikan dengan Komisi II DPR.
“KPU rencanakan anggaran alternatif itu dengan perhitungan. Hari ini rapat konsultasi dan besok KPU menjalankan hasil keputusannya. Dan pada tanggal 17 Februari kita sudah eksekusi,” pungkasnya.(sumber: kumparan.com)
0Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Hit Counter provided by technology news