Data 11 Survei: Duel Sengit Gus Ipul Vs Khofifah di Pilgub Jatim

Read Time:1 Minute, 30 Second

qaoxttzbhgr8fsiunq7z
Pilgub Jawa Timur jadi medan tempur paling sengit di Pilkada serentak 2018. Dua ‘petarung’ yang berasal dari perguruan yang sama (Nahdlatul Ulama), bertarung untuk menduduki kursi Jawa Timur-1 untuk lima tahun mendatang.
Pasangan nomor urut 1 Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno maju dengan 4 parpol yang di nasional sebetulnya saling berseberangan, PDIP, Gerindra, PKS, dan PKB. Sementara Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak diusung 7 partai politik lainnya.
Sejak mendeklarasikan diri sebagai pasangan calon, Khofifah-Emil mengantongi modal elektabiltas yang tak sedikit. Rata-rata 30% pascapenetapan pasangan calon. Sementara Gus Ipul sebagai petahana bersama Puti, sudah punya angka aman melewati 40%.
Pertempuran pun dimulai selama sekitar 4 bulan masa kampanye, lewat serangan darat alat-alat peraga kampanye, door to door, menemui komunitas, pabrik-pabrik, hingga gempuran di media sosial yang berakhir pada Sabtu (23/6).
Angka elektabilitas pun berubah. Catatan kumparan, sepanjang Pilkada ada 11 kali survei yang digelar oleh 7 lembaga survei. Hasilnya, Gus Ipul-Puti unggul di 6 kali survei, Khofifah unggul di 5 kali survei.

Data Survei Pilgub Jatim (Foto: kumparan/Sabryna Muviola)

Dari data di atas, diketahui Gus Ipul-Puti unggul di lembaga KedaiKOPI, PolMark, Charta Politika, dan CSIS. Sementara Khofifah-Emil unggul di Litbang Kompas dan Poltracking. Di survei SMRC, Gus Ipul dan Khofifah bergantian unggul.
Selisih terdekat keduanya di periode jelang pencoblosan (Mei-Juni), tercatat hanya sebesar 0,8% yaitu di survei Charta Politika yang dimenangkan Gus Ipul-Puti. Selisih ini rawan gugatan hasil rekapitulasi suara.
Data di atas juga menunjukkan ada fakta menarik, di survei SMRC semula Gus Ipul-Puti menang (selisih 1,3%), namun bulan Mei ternyata Khofifah-Emil yang menang, dengan selisih lebih besar (7,7%).
Lalu siapa yang akan jadi pemenang sesungguhnya? Tunggu hasil pencoblosan Rabu, (27/6) besok.

Sumber: Kumparan.com

About Post Author

Rizal

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *